AdSense adalah
program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan
AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui
keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah
ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan
mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap
iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga
menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan
arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat
memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan
mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan
pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada
iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs
akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan
tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang
iklan tersebut.
Istilah dalam AdSense
Publisher
Publisher atau penayang iklan adalah orang atau pemilik situs web yang sudah
terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk
memasang iklan AdSense di situs mereka. Publisher yang menayangkan iklan google
disebut publisher google adsense. Sebelumnya publisher google adsense harus
mendaftar dulu ke Google Adsense dan baru bisa menayangkan iklan google di situs web
mereka setelah aplikasi disetujui. Setiap publisher google adsense hanya
diperbolehkan memiliki satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan
memasang iklan google di semua situs mereka yang memenuhi persyaratan program
google adsense.
Ad Units
Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units
terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis
iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah)
pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.
Link Units
Link Units hampir sama dengan Ad Units,
hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di
situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat
pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil
pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan
apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut.
Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak
dibandingkan Ad Units biasa.
AdSense for Content
AdSense for Content adalah iklan AdSense
yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah
iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya
menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk
dalam AdSense for Content ini.
Alternate Ads
Pada AdSense for Content, iklan tidak
selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang
berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan
apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang
ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah
PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan
ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan
kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang
dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units
tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah
diatur sebelumnya.
Channels
Channels adalah semacam label yang dapat
diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu
unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label
dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil
laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels
akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka.
Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan
yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan
nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang
perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200
kanal.
Page Impressions
Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang
mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh
kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.
Clicks
Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units
milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total
klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.
CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen
antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units
tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali
memiliki nilai CTR 25% (10:40).
CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yang akan
didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC
masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk
performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal
yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh
pemasang iklan.
eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah
hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi
halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh,
publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai
CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).
No comments:
Post a Comment